Tentang Paragraf: Induktif & Deduktif

Hai, kawan-kawan sebangsa & setanah air 🙂 , kali ini saya ingin membahas ilmu Bahasa Indonesia yaitu tentang apa itu paragraf induktif dan paragraf deduktif.

Paragraf Induktif
Paragraf Induktif adalah Paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir kalimat dan kalimat penjelasnya terletak di awal paragraf. Paragraf ini diawali dengan urutan pernyataan khusus dan disusul dengan pernyataan umum.

Contoh:

Setiap hari Abis selalu pulang malam. Dia selalu bermain hingga larut malam dengan teman-temannya. Dia tidak pernah mau belajar. Pada saatnya ujian, yang ada di pikirannya hanyalah bagaimana cara menyontek. Hasil akhirnya pun jelas bahwa Abis tidak naik kelas.

Paragraf Deduktif
Paragraf deduktif adalah Paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf dan dilengkapi dengan kalimat penjelasnya terletak di akhir paragraf. Paragraf ini diawali dengan pernyataan umum dan disusul dengan penjelasan umum.

Contoh:

Di tahun 2010 ini, angka kemiskinan bangsa Indonesia meningkat tajam. Sudah tidak dapat kita pungkiri lagi, bahwa hal ini disebabkan oleh ongkos transportasi yang tidak menurun sekalipun harga BBM turun sehingga menyebabkan harga barang kebutuhan pokok tidak menurun, malah semakin mahal. Kehidupan rakyat pun menjadi semakin susah karena menurunnya daya beli.

Iklan

Satu Tanggapan

  1. bnykiN contoh lg dnkz.. mash kurang jelas.. klw bs perbedaanya …:) ok bro..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: